STUDI LAPANGAN SD STRADA TKM II TAHUN 2024

 

Hallo Sobat!

Pada bulan Maret 2024, kami SD Strada TKM II melaksanakan studi lapangan lhoo. Studi lapangan dilaksanakan pada tempat berbeda, jadi setiap kelas memiliki tujuan yang berbeda. Namun hal itu tidak mengurangi keseruan dan makna yang akan didapatkan. Kegiatan Studi Lapangan dapat membantu peserta didik memahami bahwa pembelajaran memiliki hubungan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu karakteristik dari Studi Lapangan adalah memiliki Pengalaman belajar yang tinggi karena berinteraksi dengan objek secara langsung. Karakteristik ini berfokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar dalam kegiatan lapangan pada konteks nyata di sekitarnya.

     
Studi Lapangan Kelas 1 dan 2 Studi Lapangan Kelas 1 dan 2 Studi Lapangan Kelas 1 dan 2

 

Studi lapangan dimulai dari kelas 1 dan 2. Mereka pergi ke Brooaster Chicken yang berada di Koja Trade Mall dan didampingi oleh Bu Lusi serta Bu Dian. Anak-anak mendapatkan sumber informasi secara langsung dari obyek yang dilihatnya. Mereka dapat turut mendalami pekerjaan miliki seseorang khususnya pada bidang memasak. Anak-anak memiliki pengalaman baru untuk mengetahui dan mempraktikkan secara langsung membuat ayam goreng.

     
Studi Lapangan Kelas 3 dan 4 Studi Lapangan Kelas 3 dan 4 Studi Lapangan Kelas 3 dan 4

 

Kemudian kelas 3 dan 4 berkunjung ke Wisma Salesian Donbosco Sunter didampingi oleh Bu Novi dan Pak Albert. Anak-anak mendalami spiritualitas bersama Frater dan belajar proses daur ulang sampah. Mereka memiliki pengalaman menarik dan menumbuhkan minat baru pada peserta didik. Jika melihat realita pada kondisi lingkungan yang cukup memprihatinkan dan darurat sampah, kegiatan tersebut sangat relevan dengan keresahan yang sedang terjadi.

 

     
Studi Lapangan Kelas 5 dan 6 Studi Lapangan Kelas 5 dan 6 Studi Lapangan Kelas 5 dan 6

 

Selanjutnya kelas 5 dan 6 belajar tentang transportasi umum dan pasar modern didampingi oleh Bu Vina, Bu Yani, dan Pak Ardi. Anak-anak mempraktikkan untuk menggunakan angkutan umum yaitu Jaklingko. Mereka juga mempraktikkan berbelanja di Mr. DIY, Koja Trade Mall. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggabungkan pelajaran di sekolah dengan yang di dapat di lingkungan.

Kegiatan Studi Lapangan SD Strada Tunas Keluarga Mulia II berjalan dengan lancar, anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Semua kegiatan yang dilaksanakan memiliki manfaat dan tujuan yang baik untuk peserta didik. Studi Lapangan adalah bentuk apresiasi terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, pembelajaran tidak hanya terbatas ruang dan waktu. Studi Lapangan merupakan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan dan mengasah kemampuan sesuai bidangnya dalam menyelesaikan tugas secara nyata di luar sekolah.

Sebarkan artikel ini